Samsung memperkenalkan UFS sebagai penerus dari Micro SD

samsung-ufs

Kartu memori eksternal atau microSD masih menjadi bagian vital dari sebuah industri smartphone saat ini. Beberapa smartphone flagship mungkin tidak begitu membutuhkannya karena memiliki internal storage mumpuni. Namun mayoritas smartphone menengah ke bawah masih membutuhkannya.

Keberadaan microSD sendiri sepertinya perlahan bakal mulai digantikan oleh UFS (universal flash storage).
Dilansir dari The Verge 07/07/2016. Perusahaan ini mengumumkan  UFS ( Universal Flash Storage ) pertamanya yang dilepas dan beredar di pasaran. Selain menawarkan kapasitas yang sangat besar, UFS juga memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Ada lebih dari satu kapasitas yang ditawarkan, mulai dari 32 GB, 64 GB, 128 GB, hingga 256 GB.

Kartu UFS memiliki kecepatan baca sekuensial hingga 530 megabyte per detik, lima kali lebih cepat dari kartu microSD terbaik . Itu berarti membaca 5 gigabyte , film full HD di sekitar 10 detik , kata Samsung , dibandingkan dengan UHS – 1 card microSD yang mengelola prestasi yang sama di sekitar 50 detik.

kecepatan menulis juga meningkat secara signifikan , dengan tingkat hingga 170 MB / s . Itu hampir dua kali lipat kinerja microSDs sangat cepat ( Sandisk Extreme Pro kartu ini , misalnya, memiliki kecepatan menulis hingga 100 MB / s ) , tapi tujuh atau delapan kali lebih cepat dari kartu dianjurkan untuk non – profesional

Samsung mengatakan semua kekuatan ini diperlukan untuk menjaga rekaman resolusi tinggi yang dihasilkan oleh perangkat kamera smartphone, action cam dan juga kamera drone. Tapi saat ini UFS baru bisa dirasakan sebagai memori yang tertanam dalam beberapa perangkat saja.

Untuk sementara waktu belum ada pengumuman tentang harga dan ketersediaan. Namun diprediksi UFS mungkin akan menjadi penerus teknologi yang akan digunakan untuk pengganti kartu Micro SD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *